Besok, PRD Akan Luncurkan ‘Gerakan Pasal 33’

Besok, 22 Juli 2011, Partai Rakyat Demokratik (PRD) akan meluncurkan gerakan yang dinamai ‘Gerakan Nasional Pasal 33’. Peluncuran gerakan ini direncakan berlangsung di 13 Provinsi di Indonesia.

Diantara provinsi yang dimaksud adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Timur.

Di seluruh daerah-daerah tersebut, peluncuran ‘gerakan pasal 33’ akan dilakukan melalui aksi massa atau rapat akbar (vergadering). Sedangkan di Riau peluncuran gerakan pasal 33 akan dilakukan dengan seminar.

Khusus di Jakarta, peluncuran ‘gerakan pasal 33’ akan dilakukan dengan “mimbar politik”. Acara akan dilangsungkan di Gedung Juang “45”, Menteng, Jakarta, pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Mimbar politik ini akan diisi dengan orasi-orasi politik dan lagu-lagu perjuangan. Sejumlah tokoh politik dan akademisi juga direncanakan hadir dalam acara tersebut.

Ketua Umum PRD, Agus Jabo Priyono, saat bertandang ke kantor redaksi Berdikari Online, menjelaskan bahwa “Gerakan Pasal 33” merupakan gerakan kerakyatan secara nasional yang bertujuan mengembalikan seluruh kekayaan alam untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Dalam hal ini, menurut Agus Jabo, negara seharusnya berposisi sebagai alat rakyat yang mengusai perekonomian dan mendistribusikannya kepada rakyat.

Agus Jabo menambahkan, gerakan ini akan melibatkan sektor-sektor rakyat seperti kaum buruh, petani, mahasiswa, professional, pedagang kecil, pengusaha kecil, seniman, pengangguran, akademisi, politisi, dan sektor-sektor rakyat tertindas lainnya.

Ditanya tentang target gerakan ini, Agus Jabo menjelaskan bahwa seluruh gerakan ini akan mengerucut pada tingkat politik dengan mengusahakan pembentukan persatuan nasional yang seluas-luasnya dengan melibatkan seluruh kekuatan politik anti-imperialis.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut