Besok, Mahasiswa Bima Gelar Aksi Massa

Meskipun sudah direpresi, perlawanan rakyat Bima tidak mengendor. Besok, 27 Desember 2011, puluhan organisasi mahasiswa se-kabupaten Bima bersepakat menggelar aksi massa.

Aksi tersebut direncanakan berlangsung di kantor Bupati dan DPRD Bima. Mereka akan mengusung sejumlah tuntutan, diantaranya: pencabutan ijin eksplorasi PT. Sumber Mineral Nusantara, pencopotan Kapolda NTB dan Kapolresta Bima, dan pembebasan Adi Supriadi (aktivis LMND yang ditahan kepolisian sejak beberapa bulan lalu).

Tuntutan lainnya adalah pembebasan 44 warga yang ditetapkan sebagai tersangka, penghentan penyisiran dan penangkapan warga, dan penarikan pasukan Brimob dari tanah Bima.

Aksi ini juga akan mendapat dukungan sejumlah mahasiswa dari Lombok. Mereka akan datang dan bergabung dengan aksi mahasiswa Bima. “Ini adalah perjuangan bersama seluruh rakyat Indonesia. Solidaritas dan dukungan organisasi-organisasi pergerakan saat diperlukan,” ujar Syarif Bimbim, salah seorang aktivis mahasiswa.

Aksi ini bertepatan dengan kunjungan Kapolri Timor Pradopo ke Bima. Menurut informasi, Kapolri Timur Pradopo akan menggelar pertemuan tertutup dengan sejumlah tokoh masyarakat di Bima.

Mahasiswa sendiri mencurigai pertemuan itu akan menjadi ajang penyelesaian tertutup terkait kekerasan aparat beberapa hari lalu. Padahal, menurut mahasiswa, dampak kekerasan polisi saat pembubaran aksi beberapa hari yang lalu itu masih membekas kuat dalam ingatan warga.

AGUS PRANATA

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut