Besok, Jaker Peringati Hari Musik Nasional

JAKARTA: Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat (Jaker) menghelat acara bertajuk ”1 Jam Bersama John Tobing: Neolib Brengsek…!” di markas besarnya di Jl. Tebet Dalam II G No. 1 Jakarta Selatan, Sabtu, 12 Maret 2011 mulai pukul 19.00 hingga 21.00 wib.

Ketua Umum Jaker, Tejo Priyono mengatakan pertunjukan musik ini diadakan untuk memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh setiap tanggal 9 Maret.

”Sebagaimana kita ketahui 9 Maret merupakan tanggal lahir komponis pejuang pergerakan Indonesia WR. Supratman, yang kemudian oleh Megawati Soekarno Putri ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional saat beliau masih menjabat sebagai Presiden,” katanya kepada berdikarionline, tadi siang.

John Tobing adalah aktivis mahasiswa angkatan 80-an dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Dialah yang menciptakan lagu Darah Juang yang legendaris itu. Semasa kuliah dulu John getol dan militan melawan keangkaramurkaan Orde Soeharto. Tempo hari dia sempat menjadi Wakil Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Cabang Pekan Baru periode 2009 – 2010.

Neolib Brengsek…! Aksara itu sengaja dipilih dalam pertunjukan musik kali ini karena itulah ekspresi terkini seorang John Tobing atas situasi Indonesia dibawah rezim imperialis neoliberal.
Bangsa Indonesia hari ini dijerat hutang, kekayaan alamnya tak berarti bagi cita-cita memakmurkan rakyat sebab dikuasai perusahaan asing dan industri nasional meradang terancam gulung tikar.

”Pemerintah tampak jadi perpanjangan tangan penjajahan gaya baru, neolib itu! Tak berani dan tidak ngotot dalam memperjuangkan kepentingan nasional,” tandas Tejo. (kom)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut