Besok, 1000-an Petani Jambi Akan Memulai Aksi Jalan Kaki Ke Jakarta

Kamis (17/3/2016) besok, 1000 petani dari sejumlah Kabupaten di Jambi akan menggelar aksi jalan kaki menuju Ibukota Republik Indonesia, Jakarta. Jarak yang akan ditempuh kurang lebih 1000 kilometer.

Menurut Koordinator Aksi, Joko Supriadinata, para petani ini mewakili petani-petani yang sedang tercekik konflik agraria di Jambi, seperti Suku Anak Dalam (SAD), petani dusun Mekar Jaya (Sarolangun), petani Kunangan Jaya I dan II (Batanghari), dan petani Tanjung Jabung Timur.

“Mereka adalah petani yang jadi korban konflik agraria. Dan sampai sekarang kasusnya belum selesai. Hidup mereka terkatung-katung,” kata Joko kepada berdikarionline.com, Rabu (16/3/2016).

Terkait persiapan aksi tersebut, Joko mengungkapkan, sejak Selasa (15/3) sore sekitar 700-an petani dari Kunangan Jaya I dan II, Mekar Jaya, dan Tanjab Timur sudah bergerak dari desa masing-masing menuju pendopo kantor Gubernur Jambi.

“Juga ada 300-an warga SAD yang ikut ke kantor Gubernur. Mereka akan menginap di pendopo,” jelasnya.

Hari ini, para petani akan menggelar aksi di kantor Gubernur Jambi. Mereka akan meminta dukungan Gubernur Jambi yang baru, Zumi Zola, untuk penyelesaian berbagai kasus konflik agraria di Provinsi Jambi.

Besok pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, petani yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pasal 33 UUD 1945 (GNP 33 UUD 1945) akan menggelar Konferensi Pers dan kemudian langsung memulai aksi jalan kaki menuju Jakarta.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut