Banyak Orang Jerman Inginkan Tatanan Ekonomi Lain

BERLIN: Di tengah-tenga krisis global, Orang-orang Jerman mulai memikirka ulang politik mereka karena, menurut sebuah suvery dari Emnid Institute, 88% populasi menginginkan perubahan tatanan ekonomi.

Kebanyakan orang Jerman tidak percaya bahwa kapitalisme dapat menjaga keseimbangan sosial di dalam masyarakat, menurut hasil survey ini, yang dipublikasikan pada hari Rabu di situs Bertelsmann Foundation, dengan meminta Emnid menjalankan surveynya.

Rakyat Jerman kurang yakin bahwa sistim ekonomi dan politik saat ini, yaitu kapitalisme, dapat melindungi lingkungan dan melakukan pengelolaan sumber daya secara bertanggung jawab.

Namun, sebuah revolusi di Jerman sulit untuk diharapkan, karena para partisipan lebih banyak reflektif ketimbang marah. Mereka melihat, bahwa tanggung jawab untuk mengatasi krisis tidak hanya terletak di tangan elit politik dan ekonomi, tetapi juga di tingkat pribadi.

Menurut hasil survey ini, empat dari lima orang Jerman mempercayai bahwa setiap orang harus merenungkan apakah pertumbuhan ekonomi adalah hal yang penting dalam kehidupan mereka.

Bagi sebagian besar orang Jerman, relasi sosial, kesehatan, dan perlindungan lingkungan lebih penting daripada sekedar meningkatkan kemakmuran personal.

Pada saat yang sama, segmen masyarakat ini berpendapat bahwa sistim kapitalisme dapat diperbaiki, jika ada kemauan politik. 82% dari responden menganggap bahwa pertumbuhan ekonomi nasonal adalah penting untuk stabilitas politik.

Namun, hanya sepertiga diantara mereka yang percaya bahwa penyembuhan dapat dilakukan oleh mekanisme pasar. Selain itu, sepertiga dari partisipan, terutama sekali kaum muda, tidak memiliki harapan bahwa kualitas hidup mereka dapat diperbaiki sebagai hasil paling mungkin dari peningkatan perekonomian nasional. ( Prensa Latina/Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut