ASPEBAN Sulteng Aksi Massa Sambut Hari Buruh Sedunia

Sehari sebelum hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei, seratusan buruh dari Asosiasi Pekerja Jasa dan Bangunan (ASPEBAN) Sulawesi Tengah menggelar aksi massa, Rabu, (30/04/2014).

Para buruh memulai aksinya dari lapangan Abadi Talisa, Kelurahan Mantikulore menuju Kantor Gubernur dan DPRD Sulawesi Tengah. Sesampainya di kantor Gubernur, para buruh ASPEBAN diterima langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Sudarto, SH, MH.

Dalam pertemuan tersebut, wakil Gubernur mengapresiasi tuntutan ASPEBAN terkait pemenang tender proyek APBD untuk menggunakan jasa pekerja bangunan yang dikoordinir langsung oleh ASPEBAN.

Mengenai Peraturan Daerah khusus pekerja bangunan yang menjadi isu pokok ASPEBAN, Wakil Gubernur menjelaskan akan berkoordinasi dengan pihak DPRD Provinsi dan dinas teknis terkait. “Sifatnya Pemerintah Provinsi mengapresiasi usulan Perda dari ASPEBAN, karena dengan adanya aturan tersebut akan memberikan perlindungan upah dan jaminan lainnya “ kata Sudarto.

Thamrin Kadir Hasan, ketua umum ASPEBAN, dalam aksi mengatakan bahwa aksi ini merupakan aksi pertama yang digelar oleh ASPEBAN pasca deklarasi pada bulan desember 2013.

Untuk itu dalam aksi ini, ASPEBAN menyuarakan beberapa butir-butir tuntutan, yaitu upah kerja 20% sesuai RAB yang diberlakukan kepada para pekerja tukang, mendesak pemerintah provinsi agar memberikan kewenangan kepada ASPEBAN untuk mengeluarkan sertifikat pekerja untuk perusahaan, dan menaikkan upah kerja harian tukang dari Rp.75.000-Rp.125.000.

Menurutnya, seluruh butir-butir perjuangan ASPEBAN merupakan tuntutan yang bersifat normatif. Selama ini tukang bangunan telah bekerja membangun gedung-gedung tinggi di Kota Palu dengan resiko yang sangat tinggi. Selama problem-problem tukang bangunan belum menjadi isu pokok bagi aktifis perburuhan dan Dinas Ketenagakerjaan, maka ASPEBAN akan terus berjuang untuk mengkampanyekan kepada publik mengenai masalah perburuhan.

BIAN

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut