ASEAN Sepakat Mendorong Pembangunan Komunitas

HANOI: Pertemuan ke-17 ASEAN berhasil mencapai kesimpulan bersama, yaitu memperkuat integrasi regional dan memperbaiki hubungan dengan eksternal.

“Mengacu kepada putusan dalam pertemuan ke-16 ASEAN, kami menegaskan kembali tekad untuk mendorong aksi konkret untuk mewujudkan pembangunan sebuah komunitas ASEAN,” kata Nguyen Tan Dung, Perdana Menteri Vietnam, saat konferensi pers paska penutupan pertemuan KTT-ASEAN.

Nguyen Tan Dung mengatakan, partisipan para pemimpin ASEAN bersepakat melaksanakan serangkaian langkah-langkah bersama yang secara substansian memperbaiki efektifitas dan waktu untuk penerapan program/rencana pembangunan komunitas.

Rencananya, hasil usaha bersama ASEAN pada tahun lalu, dimaksudkan untuk mempercepat integrasi ASEAN dan membuka jalan untuk konektivitas dengan kawasan Asia Timur.

Presiden SBY, dari Indonesia, menegaskan bahwa Indonesia akan terus meningkat bersama negara Asia Tenggara lainnya dalam satu kesatuan komunitas ASEAN.

Dikatakannya, ASEAN adalah jalan menuju kemajuan, dan harus dipastikan bahwa semua tetap pada jalurnya untuk menuju kemajuan. SBY juga menegaskan pentingnya ASEAN untuk melihat ke depan dan terus beradaptasi dengan perkembangan global.

Perlunya Reorientasi ASEAN

Namun pertemuan ini tidak menyinggung secara detail mengenai orientasi ASEAN ke depan. Pasalnya, sejak berdirinya hingga sekarang, ASEAN diciptakan sebagai tanggul Amerika Serikat dan barat untuk membendung pengaruh komunisme.

Sampai sekarang pun, ASEAN belum merubah orientasinya ini, kendati sudah mengikutsertakan sejumlah negara yang dulunya sosialis atau dikenal dekat dengan kubu sosialis, seperti Vietnam.

AS sendiri, di bawah pemerintahan Barack Obama, masih menganggap ASEAN sebagai mitra strategis untuk mempertahankan pengaruhnya di kawasan ini, sekaligus menjalankan kepentingan ekonomi-politiknya.

Meskipun ada komitmen untuk membuka sayap ke kawasan Asia Timur, dan ASEAN dijadwalkan menjadi bagian dalam KTT-Asia Timur mendatang, namun belum terlihat niat konkret para pemimpin ASEAN untuk mendukung dunia multi-polar.

Padahal, di tengah krisis ekonomi global yang melindas AS dan eropa, ASEAN punya kesempatan yang sangat baik untuk berkembang dengan menjalin kerjasama yang dinamis dengan negara-negara luar, seperti Tiongkok, Rusia, dan Amerika latin.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • urbanus ola hurek

    kominitas basis otonomi masyarkat. Oki perhatian terhadap komunitas mendorong pengakuan martabat dan kemandirian ..