Aktivis Serahkan Koin Untuk Pilgub Lampung Ke KPU

Koin-Pilgub

Hampir sebulan penuh aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) menggelar aksi pengumpulan koin untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung.

Akhirnya, kemarin (10/12), mereka menyerahkan semua koin yang terkumpul ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung. “Kami tidak tahu persis berapa jumlah koin yang terkumpul. Tetapi, setelah kami timbang, beratnya mencapai 2,13 kilogram,” kata Ketua LMND Bandar Lampung, Nyoman Adi Wirawan, saat menyerahkan koin tersebut ke anggota KPU.

Menurut Nyoman, terlepas dari jumlah koin yang terkumpul, pihak KPU harus memaknai koin itu sebagai simbol partisipasi rakyat dalam menegakkan demokrasi di Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, Nyoman mengingatkan, rakyat Lampung tetap menghendaki pelaksanaan Pilgub dilakukan sesuai jadwal, yakni pertengahan tahun 2013 mendatang.

Hal senada diungkapkan oleh Novelia Sanggem, Ketua SRMI Bandar Lampung. Ia bilang, “koin tersebut merupakan bentuk dukungan agar KPU tidak loyo menghadapi tekanan politik Gubernur sekarang, Sjachroedin ZP, yang mau mengekalkan kekuasaan dengan mengundur Pilgub.”

Merespon penyerahan koin tersebut, pihak KPU Lampung berjanji akan terus menjalankan tugasnya di atas rel Undang-Undang. Ia juga menyakinkan bahwa pelaksanaan Pilgub akan tetap dilakukan sesuai jadwal, yakni tahun 2013.

Sementara itu, hari ini (11/12), sejumlah organisasi pemuda dan mahasiswa dijadwalkan bertemu dengan Komisi II DPR di Jakarta. Beberapa diantara organisasi itu adalah LMND, LHKP, IMM, GMKI, Humanika, PARRA, Lakra, PW NA, PW IPM, KAMMI, dan LMN.

Saddam Cahyo

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut