Aktivis Petani Menangi Pemilihan Kadus

Kontestasi politik di tingkat lokal, termasuk pemilihan Kepala Dusun, ternyata cukup menggairahkan. Hal ini terbukti dengan tingginya partisipsi warga dalam pemilihan Kadus di Dusun III Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Pemilihan Kadus itu berlangsung pada hari Sabtu (16/6/2013) lalu. Dua kandidat turut dalam kontestasi politik tingkat dusun ini, yakni Ahyar dan Iswadin. Tidak berbeda jauh dengan kontestasi politik pada umumnya, kedua kandidat juga menyampaikan program jika mereka terpilih sebagai Kadus.

Akhirnya, setelah melalui proses pemilihan dengan melibatkan seluruh warga yang punya hak pilih, Iswadin tampil sebagai pemenang. Ia unggul telak atas pesaingnya. Iswadin mengumpulkan 75 suara, sedangkan Ahyar hanya mendapat 18 suara.

Iswadin sendiri adalah aktivis Serikat Tani Nasional (STN). Selain mengorganisir perjuangan petani, sehari-hari Iswadin juga bekerja menggarap sawahnya. Begitu dirinya terpilih, Iswadin pun memaparkan programnya.

“Saya berterima kasih atas mandat saudara. Nanti, saya akan berjuang untuk memajukan pertanian alami, yang tidak terkontaminasi bahan-bahan kimia. Ini juga untuk menjaga keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem,” paparnya.

Iswadin juga mengajak warga Dusun III Desa Pombewe, yang mayoritas adalah petani, untuk membangun organisasi petani. Menurutnya, organisasi merupakan sarana penting untuk memperjuangkan hak-hak kaum tani dan memajukan kesejahteraan petani.

Tak hanya itu, Iswadin juga memaparkan perlunya petani mengakses tanah, permodalan, dan teknologi untuk memajukan pertaniannya. “Tanpa ketersediaan alat produksi, yakni tanah, mana mungkin kaum tani bisa berproduksi,” tuturnya.

Karena itu, bagi Iswadin, petani harus aktif memperjuangkan pasal 33 UUD 1945 dan UU pokok agraria (UUPA) tahun 1960.

Syamsul Bahri

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut