Aktivis Luncurkan Gerakan Koin Untuk Pilgub Lampung

Koin-Pilgub

Adanya upaya Gubernur Lampung sekarang ini, Sjahroedin ZP, untuk menunda pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) hingga 2015, terus menuai protes dari berbagai kalangan pro-demokrasi.

Hari ini, Minggu (25/11), puluhan aktivis meluncurkan “gerakan koin untuk Pilgub Lampung 2013”. Sembari menggelar orasi politik, para aktivis mengedarkan kardus kepada pengguna jalan dan masyarakat luas.

Gerakan ini diorganisir oleh sejumlah organisasi, seperti Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Partai Rakyat Demokratik (PRD), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), dan UKM BS Universitas Bandar Lampung.

“Ini merupakan gerakan simpatik untuk menyelamatkan proses demokrasi di Lampung. Sebab, dengan alasan anggaran, rezim berkuasa di Lampung sekarang berusaha menunda pelaksanaan Pilgub,” kata Ketua LMND Bandar Lampung, Nyoman Adi Irawan.

Nyoman Adi mengungkapkan, Pilgub Lampung semestinya dilaksanakan pada tahun 2013 mendatang. Pihak KPU Lampung sendiri sudah menjadwalkan pelaksanaan Pilgub Lampung pada Oktober 2013 mendatang.

Akan tetapi, kata Nyoman Adi, pihak Gubernur Lampung bersikukuh tidak mencantumkan anggaran Pilgub pada APBD tahun 2013. Dengan demikian, pelaksanaan Pilgub bisa tidak terlaksana.

“Ini tidak demokratis. Sebab, masa jabatan Gubernur Lampung sekarang ini resmi berakhir pada tanggal 2 Juni 2013 mendatang,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Novelia Sanggem, Ketua SRMI Lampung, yang menganggap penundaan Pilgub bisa mencederai demokrasi. Ia menganggap hal ini hanya akal-akalan Gubernur sekarang untuk melanggengkan kekuasaan.

“KPU sudah mengajukan jadwal. Ini sesuai dengan ketentuan UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang KPU. Lagi pula, kalau soal anggaran, Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2005 sudah mengharuskan prioritas penganggaran,” kata Novelia.

Aksi pengumpulan koin ini sudah dilakukan sejak 14 November lalu. Sudah hampir Rp 500 ribu uang yang terkumpul. Selain menggelar aksi pengumpulan koin di penggir jalan raya, massa aksi juga mendatangi tempat-tempat keramaian, seperti pasar dan lain-lain.

Saddam Cahyo

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut