10 Fakta tentang Vladimir Putin

Dari deretan pemimpin dunia di abad 21 ini, Vladimir Putin termasuk yang kesohor. Nama Presiden Rusia itu selalu menghiasi daftar tokoh paling berpengaruh atau terpopuler di dunia.

Majalah bisnis Amerika, Forbes, mendaulat Putin sebagai manusia paling berpengaruh di dunia tahun 2016. Dia mengungguli Donald Trump, Angela Merkel, dan Xi Jinping.

Popularitas Putin menembus Indonesia. Meski baru dua kali berkunjung ke Indonesia, yakni 2007 dan 2013, nama Putin tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Dan baru-baru ini, nama Putin menghiasi media massa Indonesia, setelah video-nya tertawa terbahak-bahak di sebuah Rapat Kabinet viral di media sosial. Pasalnya, Menteri Pertanian Rusia bicara ekspor babi di Indonesia. Putin terkekeh kecil dengan pernyataan sang Menteri. Sebab, Putin tahu mayoritas rakyat Indonesia beragama Islam dan tidak makan babi.

Berikut ini 10 fakta tentang Vladimir Putin:

  1. Putin lahir dari keluarga kelas pekerja. Ibunya seorang pekerja pabrik, sedangkan ayahnya direkrut oleh Angkatan Laut Soviet. Kakeknya seorang juru masak Lenin dan Stalin.
  2. Sejak beranjak dewasa, Putin sangat tertarik dengan segala hal yang berkaitan dengan spionase. Sampai akhirnya, di tahun 1975, setelah tamat dari Universitas Negara Leningrad, dia bergabung dengan badan intelijen Rusia, KGB. Sebagai mata-mata, Putin diberi nama samaran “Platov”. Sepanjang 1985-1990, Putin ditugaskan sebagai agen KGB di Jerman Timur.
  3. Sepanjang 1990-1996, Putin bekerja di kantor Walikota Saint Petersburg, ketika kota itu baru saja berganti nama dari Leningrad. Mulai dari sebagai Penasehat Urusan Internasional hingga menjadi Wakil Walikota. Karirnya menanjak menuju Kremlin setelah, pada 1998, ditunjuk sebagai kepala Dinas Keamanan Rusia (FSB) oleh Boris Yeltsin.
  4. sejak kecil Putin menggemari olahraga bela diri, terutama Judo dan Sambo. Di kedua olahraga belah diri ini Putin mendapat gelar Master. Selain Judo dan Sambo, Putin juga adalah pemegang sabuk hitam untuk Karate dan Taekwondo.
  5. Putin adalah penyayang binatang. Ada banyak foto yang memperlihatkan Putin tidak sungkan menyentuh binatang ketika sedang bertugas atau melakukan kunjungan. Bahkan dia memelihara beberapa ekor anjing dan kuda.
  6. Putin berada diantara sedikit pemimpin dunia yang suka berpetualang di alam bebas; dari memancing, berenang di sungai, berburu, menunggang kuda, menyusuri pegunungan dengan perahu motor atau rakit, dan lain-lain.
  7. Terlepas dari penggambarannya yang keras, Putin adalah penggemar musik. Dia pandai memainkan piano. Untuk mengisi waktu luangnya, Putin memilih bermain piano. Di tahun 2010, di sebuah acara amal untuk anak-anak, Putin tidak hanya bermain piano, tetapi juga meraih pelantang suara dan menyanyikan lagu “Blueberry Hill”.
  8. Tahun 2010, ketika Rusia mengalami bencana kebakaran hutan parah, Putin tidak hanya duduk manis di kantor mengeluarkan instruksi. Dia malah turut menerbangkan sebuah pesawat Amfibi dan menjatuhkan bom air dari udara.
  9. Putin suka membaca karya sastra, khsusunya novel. Dari sekian banyak penulis yang digemarinya, satu diantaranya adalah penulis progressif Amerika, Ernest Hemingway. Dia suka membaca tiga novel Hemingway yang terkenal, yakni For Whom the Bell TollsA Farewell to Arms, danThe Old Man and the Sea.
  10. Putin adalah Presiden tanpa Ibu Negara. Pada tahun 1983, Putin menikahi Lyudmila Ochreetnaya, dan dikaruniahi dua anak perempuan, Katya dan Maria. Namun, keduanya resmi bercerai pada 2013. Setelah itu, Putin diterpa berbagai gosip terkait hubungannya dengan beberapa perempuan. Termasuk dengan seorang pesenam Olimpiade, Alina Kabaeva. Putin termasuk salah seorang pemimpin dunia yang menutup rapat-rapat kehidupan keluarganya.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut